Pembangunan Integrasi Aplikasi Menuju Layanan Pemerintahan Berbasis Digitalisasi

Print

SLAWI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegal menyelenggarakan Sosialisasi  Integrasi Aplikasi Kegiatan Pengembangan E-Goverment Kabupaten Tegal, Rabu (19/06) di Ruang Rapat Bupati Gedung Amarta Pemkab Tegal, Slawi. Peserta kegiatan ini berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Tegal.

Acara dibuka Bupati Tegal melalui Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan Drs. Abasari M.Hum. Dalam sambutan yang dibacakan berdasarkan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, bahwa layanan elektronik harus terpadu dan data harus terintegrasi. “ Diharapkan dengan terintegrasinya layanan elektronik di Kabupaten Tegal, dapat mempermudah penyelenggaraan pemerintahan serta diharapkan dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih dan modern karena semua pelayanan administrasi pemerintahan maupun layanan publik akan berbasis digitalisasi,”.

Bupati juga menyampaikan dalam sambutannya, hal yang paling penting dari suatu pengolahan data pada sistem elektronik adalah proses untuk mendapatkan referensi data, verifikasi data dan validasi data. oleh sebab itu suatu sistem elektronik dikatakan sudah terintegrasi apabila dapat memperoleh beragam informasi dari sistem elektronik lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan dengan beragam platform teknologi dan format data.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal selaku Pelaksana Kegiatan tersebut Dessy Arifianto, S.Sos, MT menjelaskan, tujuan diadakannya acara ini yaitu tersosialisasikannya kegiatan integrasi sistem informasi Pemerintah Kabupaten Tegal. Dengan adanya integrasi aplikasi TIK, akan terwujud pelayanan publik yang cepat, akuntabel, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, karena hal ini sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan e-Government, ujarnya.

Adapun narasumber/ pemateri pada kegiatan sosialisasi ini yaitu Ivan Syahreza dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Drs, M. Agung Hikmati, M.Si Kepala Bidang E-Goverment Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah. (PbS)