Dapatkan Harapan III di Lomba Fashion Show Batik, DISKOMINFO Terus Semangat

Print

Lomba Fashion Show Batik dalam rangka Hari Batik Nasional 2019 diselenggarakan oleh Pemkab Tegal di halaman Gedung Dadali, Rabu (02/10). Acara ini diikuti oleh 36 OPD di lingkungan Pemkab Tegal.

Lomba fashion show yang digarap oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tegal ini mengambil take line Manis, Cantik, Creatif. Ketua Dekranasda Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Ardie menuturkan, para peserta lomba ini disyaratkan harus memakai batik khas Tegalan. Sehingga, dia memastikan semua busana batik yang dikenakan dalam lomba fashion show ini merupakan karya dari pengrajin lokal Tegal.

Lomba Fashion show Batik 2019 dibuka pleh Bupati Tegal diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono menyebut, saat ini, Kabupaten Tegal telah memiliki 1091 macam motif batik yang telah terdaftar dalam katalog di Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disdagkop-UKM).

“Karena motif dan designnya beragam, sehingga masyarakat pun punya banyak pilihan dalam membeli batik. Batik yang dikenakan masyarakat tak melulu untuk acara formal. Sekarang, orang berdagang pun pakai batik," ujar Sekda

Dinas Kominfo menjadi salah satu peserta pada lomba fashion show tersebut. Mengusung tema busana kerja, Dinas Kominfo diwakili oleh Chanda F. Islami, S.Kom dan Nunik T Purwani. Mendapat urutan tampil kedua mereka mengenakan Batik Tegalan Sarimbit dengan motif Lolak Batu.

Dengan warna dasar hitam dan kelir tumbuhan diatas batu, motif ini mengandung arti

Motif Lolak Batu dengan warna dasar hitam dan Aksen pinggiran batik yang dibuat seperti batu bertumpuk-tumpuk dan diatasnya motif tumbuhan dengan aksen bunga dan dedaunan berbagai macam bentuk. Rumput diubah menjadi motif yang cantik dan menjadi berbagai macam bentuk, sedikit bergelombang dan pucuk lancip menjadi salah satu motif batik yang dipilih Dinas Kominfo untuk ditampilkan pada fashion show tersebut.

Dalam lomba tersebut Dinas Kominfo mendapat peringkat harapan III dan mendapatkan piala serta dana pembinaan. Kadis Kominfo Dessy Arrifianto, S.Sos., MT menyambut baik prestasi tersebut “Yaap, Terimakasih atas semangatnya, keep fight and smile. #BRAVOKOMINFO”, ujar Dessy . (PbS)