Alun-Alun Hanggawana Slawi
Kantor Bupati Tegal
Dinas KOMINFO Kabupaten Tegal
Dinas KOMINFO Kabupaten Tegal

Sekretariat

1. NAMA JABATAN       :         SEKRETARIS DINAS 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pengoordinasian penyiapan bahan penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan, penatausahaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum, dan pengoordinasian penyelenggaraan tugas dinas.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan umum dan teknis kesekretariatan/ ketatausahaan;
  2. Pengoordinasian penyiapan bahan penyusunan perencanaan dinas;
  3. Pengoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional dinas;
  4. Pengoordinasian penyelenggaraan tugas dinas;
  5. Penyiapan bahan bimbingan dan pengendalian teknis dinas;
  6. Pengoordinasian penyiapan bahan penyusunan laporan dan evaluasi penyelengaraan tugas dinas;
  7. Pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian, aset, dan umum dinas;
  8. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan kesekretariatan.

B. URAIAN TUGAS  :

  1. Menyusunan rencana kerja;
  2. Merumuskan kebijakan umum dan teknis operasional kesekretariatan/ketatausahaan;
  3. Melaksanakan pengoordinasian penyiapan bahan rencana kerja dinas;
  4. Menyiapkan konsep kebijakan Kepala Dinas dan naskah dinas yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, evaluasi, pelaporan, sistem informasi, keuangan, administrasi umum, kepegawaian dan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas;
  5. Mengoordinasikan dan menyiapkan konsep rencana kegiatan dan anggaran (RKA), dokumen pelaksanaan anggaran (DKA) serta perubahan anggaran sesuai ketentuan dan plafon anggaran yang ditetapkan;
  6. Mengoordinasikan dan menyiapkan konsep rencana pembangunan jangka menengah daerah (rpjmd), rencana strategis (renstra), rencana kerja (renja), indikator kinerja utama (iku), perjanjian kinerja (pk) dan jenis dokumen perencanaan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  7. Mengoordinasikan dan menyiapkan konsep laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati (LKPJ), laporan kinerja instansi pemerintah (LKJIP), evaluasi kinerja pembangunan daerah (EKPD), sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP), pengendalian operasional kegiatan (POK), dan jenis pelaporan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  8. Mengelola sistem informasi dan data dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar diperoleh efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan;
  9. Menyelenggarakan pelayanan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, ketatalaksanaan, kehumasan, protokoler, perpustakaan, kearsipan, dokumentasi, perlengkapan/ perbekalan, pengamanan kantor, kebersihan dan pertamanan, pengelolaan aset tetap dan aset tidak tetap, serta fasilitasi kegiatan rapat dan penerimaan kunjungan tamu dinas;
  10. Mengoordinasikan rencana dan proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  11. Mengoordinasikan dan memfasilitasi penyusunan standar operasional prosedur (SOP), analisis jabatan, analisis beban kerja, evaluasi jabatan, budaya kerja, survey kepuasan masyarakat, standar pelayanan serta pengusulan formasi kebutuhan pegawai dinas;
  12. Melaksanakan pengoordinasian penyelenggaraan tugas dinas;
  13. Melaksanakan koordinasi dan pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum;
  14. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan kesekretariatan/ketatausahaan serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  15. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanakan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  16. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  17. Melaksanakan pengendalian, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas;
  18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan paraturan perundang-undangan yang berlaku.

 C. TANGGUNG JAWAB :

  1. Tersedianya rencana kerja sekretariat;
  2. Kebenaran dan ketepatan penyusunan draf rencana kerja dinas;
  3. Ketepatan perumusan kebijakan teknis bidang kesekretariatan/ ketatausahaan dan perumusan draf kebijakan teknis dinas;
  4. Kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan bidang kesekretariatan/ketatausahaan;
  5. Ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  6. Kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  7. Ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas sekretariat.

 

2. NAMA JABATAN   :   KEPALA SUB BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu sekretaris dalam melakukan identifikasi, analisa, pengolahan dan penyajian data untuk penyiapan bahan penyusunan perencanaan, dan melakukan penyiapan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan serta pengelolaan keuangan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai fungsi :

  1. Penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis perencanaan dan pengelolaan keuangan dinas;
  3. Penelaahan data untuk penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dinas;
  4. Penyiapan data sebagai bahan monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana kerja dinas;
  5. Penyiapan data sebagai bahan penyusunan pelaporan pelaksanaan rencana kerja dinas;
  6. Pelaksanaan pengembangan sistem informasi bidang perencanaan, keuangan dan penganggaran;
  7. Pengelolaan sistem informasi manajemen terintegrasi;
  8. Pelaksanaan pengelolaan keuangan;
  9. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Subbagian Perencanaan Dan Keuangan.

 B. URAIAN TUGAS  :

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan subbagian perencanaan dan keuangan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Menjabarkan perintah pimpinan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien;
  3. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional;
  4. Membagi tugas bawahan sesuai dengan jabatan dan kompetensinya serta memberikan arahan baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait baik vertikal maupun horizontal untuk mendapatkan informasi, masukan, serta dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi pelaksanaan tugas;
  6. Menelaah dan mengkaji peraturan perundang-undangan sesuai lingkup tugasnya sebagai bahan atau pedoman untuk melaksanakan kegiatan;
  7. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan, dan naskah dinas sesuai lingkup tugasnya guna mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan;
  8. Menghimpun dan meneliti bahan perencanaan dan usulan program kegiatan dari masing-masing seksi, subbagian sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna menghindari kesalahan;
  9. Menyiapkan bahan dan menyusun konsep rencana kegiatan dan anggaran (RKA), dokumen pelaksanaan anggaran (DKA) serta perubahan anggaran sesuai ketentuan dan plafon anggaran yang ditetapkan;
  10. Menyiapkan bahan dan menyusun konsep rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), rencana strategis (renstra), rencana kerja (RENJA), indikator kinerja utama (IKU), perjanjian kinerja (PK) dan jenis dokumen perencanaan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  11. Menyusun konsep standar operasional prosedur (SOP) subbagian perencanaan dan keuangan serta menghimpun dan mendokumentasi SOP yang disusun oleh masing-masing subbagian, dan seksi;
  12. Melaksanakan pengelolaan sistem informasi manajemen terintegrasi;
  13. Menyiapkan bahan dan menyusun materi tindak lanjut hasil pemeriksaan atau audit sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  14. Menghimpun dan meneliti laporan perkembangan tingkat realisasi pelaksanaan kegiatan dari masing-masing subbagian, seksi sebagai bahan penyusunan laporan pengendalian operasional kegiatan (pok);
  15. Menyiapkan bahan dan menyusun konsep laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati (LKPJ), laporan kinerja instansi pemerintah (LKJIP), evaluasi kinerja pembangunan daerah (EKPD), sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP), standar pelayanan dan jenis pelaporan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. Melaksanakan koordinasi, pembinaan, pengendalian, dan pemberian bimbingan di bidang sistem informasi dinas;
  17. Menyiapkan bahan dan sarana administrasi keuangan dalam rangka pencairan anggaran, pengelolaan, pembukuan, dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan;
  18. Menghimpun dan memproses usulan pencairan anggaran baik di lingkungan sekretariat, bidang, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku;
  19. Menyiapkan bahan dan mengoordinasikan proses administrasi keuangan melalui aplikasi sistem informasi untuk pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  20. Menyiapkan bahan pembinaan, sosialisasi, dan bimbingan teknis di bidang keuangan kepada pejabat pengelola keuangan dan bendahara di lingkungan dinas;
  21. Melaksanakan pengendalian dan evaluasi penyerapan anggaran dengan cara membandingkan laporan perkembangan realisasi belanja dengan rencana pembiayaan yang ditetapkan sebelumnya;
  22. Melaksanakan verifikasi terhadap berkas/dokumen pertanggungjawaban keuangan pelaksanaan kegiatan guna menghindari kesalahan serta memberikan koreksi penyempurnaan;
  23. Menyiapkan bahan dan menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan dinas serta jenis pelaporan keuangan lainnya;
  24. Melaksanakan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan tugas, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  25. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan subbagian perencanaan dan keuangan dengan cara mengukur pencapaian program kerja yang telah disusun untuk bahan laporan dan kebijakan tindak lanjut;
  26. Mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karir, pemberian penghargaan dan sanksi;
  27. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kepada pimpinan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan kegiatan;
  28. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan baik lisan maupun tertulis berdasarkan kajian agar kegiatan berjalan lancar serta untuk menghindari penyimpangan; dan
  29. Melaksanakan tugas kedinasan lain dari atasan sesuai dengan tugas dan fungsi unit kerjanya.

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. Kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis bidang perencanaan dan pengelolaan keuangan dinas serta kebijakan teknis bidang komunikasi, informatika, persandian, dan statistik;
  3. Kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan bidang perencanaan dan pengelolaan keuangan dinas;
  4. Ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. Kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. Ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Subbagian Perencanaan Dan Keuangan.

 

3. NAMA JABATAN       :         KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI : 

Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam melakukan urusan ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan, humas dan protokol.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, kepala Subbagian Umum Dan Kepegawaian mempunyai fungsi:

  1. Penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan, humas dan protokol;
  3. Pengelolaan urusan ketatausahaan;
  4. Pengelolaan administrasi kepegawaian;
  5. Pengelolaan dan penatausahaan aset dinas;
  6. Pengelolaan kearsipan dinas;
  7. Pelaksanaan urusan rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan,humas dan protokol;
  8. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Subbagian Umum Dan Kepegawaian.

B. URAIAN TUGAS  :

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan subbagian umum dan kepegawaian berdasarkan peraturan perundang-undangan dan hasil evaluasi kegiatan tahun sebelumnya sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Menjabarkann perintah pimpinan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien;
  3. Melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional;
  4. Membagi tugas bawahan sesuai dengan jabatan dan kompetensinya serta memberikan arahan baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait baik vertikal maupun horizontal untuk mendapatkan informasi, masukan, serta dalam rangka sinkronisasi dan harmonisasi pelaksanaan tugas;
  6. Menelaah dan mengkaji peraturan perundang-undangan sesuai lingkup tugasnya sebagai bahan atau pedoman untuk melaksanakan kegiatan;
  7. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan, dan naskah dinas sesuai lingkup tugasnya guna mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan;
  8. Melaksanakan layanan kegiatan surat menyurat, perlengkapan, ketatalaksanaan, kehumasan, dokumentasi, perpustakaan, kearsipan, serta pengelolaan aset tetap dan aset tidak tetap;
  9. Memfasilitasi penyusunan analisis jabatan, analisis beban kerja, evaluasi jabatan, budaya kerja, survey kepuasan masyarakat, standar pelayanan serta pengusulan formasi kebutuhan pegawai dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  10. Merencanakan, memproses dan melaporkann pengadaan barang dan jasa untuk keperluan dinas serta mengusulkan penghapusan aset tetap, aset tidak berwujud dan barang persediaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  11. Melaksanakan penatausahaan, inventarisasi, dan pelaporan aset semesteran dan tahunan untuk tertib administrasi serta melakukan pengawasan, pengendalian, pemeliharaan aset tetap dan aset tidak tetap agar dapat digunakan optimal;
  12. Menyiapkan bahan dan menyusun laporan bidang kepegawaian secara rutin dan berkala serta memelihara file/ dokumen kepegawaian seluruh pegawai dinas guna terciptanya tertib administrasi kepegawaian;
  13. Menyiapkan bahan dan memproses usulan kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala, pemberhentian/ pensiun, pembuatan kartu suami/isteri, tabungan asuransi pensiun (taspen), pengiriman peserta pendidikan dan pelatihan (diklat)/ bimbingan teknis (bimtek), dan urusan kepegawaian lainnya;
  14. Melaksanakan urusan rumah tangga serta menyiapkan sarana, akomodasi, dan protokoler dalam kegiatan rapat-rapat maupun penerimaan kunjungan tamu dinas;
  15. Mengoordinasikan kegiatan pengamanan kantor, kebersihan, dan pertamanan agar tercipta lingkungan kantor yang tertib, bersih, aman dan nyaman;
  16. Menyiapkan bahan dan menyusun konsep standar operasional prosedur (SOP) kegiatan subbagian umum dan kepegawaian;
  17. Melaksanakan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan tugas, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  18. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan subbagian umum dan kepegawaian dengan cara mengukur pencapaian program kerja yang telah disusun untuk bahan laporan dan kebijakan tindak lanjut;
  19. Mengevaluasi dan menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karir, pemberian penghargaan dan sanksi;
  20. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kepada pimpinan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan kegiatan;
  21. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan baik lisan maupun tertulis berdasarkan kajian agar kegiatan berjalan lancar serta untuk menghindari penyimpangan; dan
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lain dari pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi unit kerjanya.

C. TANGGUNG JAWAB      :

  1. Kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. Ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan urusan umum dan kepegawaian;
  3. Kelancaran dan keteraturan pelaksanaan tugas dan pelayanan urusan umum dan kepegawaian;
  4. Ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. Kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. Ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas subbagian umum dan kepegawaian.

 

 

Terkini

Download Tools Indeks Keamanan Informasi

25 July 2019

Tools Indeks Keamanan Informasi (Indeks KAMI)

Materi Sosialisasi Perbup Masterplan TIK dan Perbup PSO Tata Kelola TIK

18 July 2018

Materi Sosialisasi, Slawi 18 Juli 2018. Download materi : Roadmap (Univ. Gunadarma) PSO Tata Kelola...

Antisipasi Serangan Malware Ransomware Wannacrypt

25 April 2018

APA ITU RANSOMWARE WANNACRYPT ? Ransomware WannaCrypt merupakan perangkat lunak berbahaya yang mengancam komputer anda...

Waspada Serangan Ransomware Petya

25 April 2018

Apa Itu Petya? Ransomware Petya merupakan perangkat lunak berbahaya yang melakukan infeksi otomatis ke perangkat...

Portfolio Gallery Kominfo

DATA CENTER

DATA CENTER

LPSE

LPSE

DATA STATISTIK

DATA STATISTIK

PPID

PPID

Channel Youtube Pemkab Tegal

Channel Youtube Humas Pemkab Tegal

Kontak Kami

DINAS KOMINFO KAB TEGAL
Jl. Dr. Soetomo No. 1 Slawi
Phone. (0283) 4561555
Email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 

© 2018 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal.
Designed by [al]