Alun-Alun Hanggawana Slawi
Kantor Bupati Tegal
Dinas KOMINFO Kabupaten Tegal
Dinas KOMINFO Kabupaten Tegal

Bidang Statistik dan Pengembangan Sumberdaya TIK

1.    NAMA JABATAN     :         KEPALA BIDANG STATISTIK DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA TIK

 

A.   TUGAS POKOK DAN FUNGSI  :  

Kepala Bidang Statistik dan Pengembangan Sumberdaya TIK mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Statistik dan Pengembangan Sumberdaya TIK mempunyai fungsi :

a.    penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;

b.   penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

c.    pelaksanaan pengembangan statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

d.   pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Bidang statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik.

 

B. URAIAN TUGAS   :

a.     menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja;

b.     menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

c.     melaksanakan penyusunan rencana dan standar prosedur kegiatan statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

d.     melaksanakan koordinasi dan pengembangan statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

e.     menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik, serta menyajikan alternatif pemecahannya;

f.      mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanakan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;

g.     memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

h.    melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;

i.      melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan paraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

 

 

 

C. TANGGUNG JAWAB :

a.     kebenaran dan ketepatan bahan penyusunan rencana kerja;

b.     ketepatan bahan perumusan kebijakan teknis statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

c.     kelancaran dan keteraturan pelaksanaan statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;    

d.     ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;

e.     kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;

f.      ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Bidang statistik, pengembangan sumberdaya TIK dan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik.

 

2.    NAMA JABATAN     :         KEPALA SEKSI DATA DAN STATISTIK

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Data dan Statistik mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Statistik dan Pengembangan Sumberdaya TIK dalam melakukan penyediaan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Data dan Statistik mempunyai fungsi :

a.     penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b.     penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan statistik;

c.     pelaksanaan penyediaan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan;

d.     pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Data dan Statistik.

 

B. URAIAN TUGAS  :

a.     melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b.     melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan statistik;

c.     melakukan koordinasi dengan instansi/lembaga terkait dalam rangka pengumpulan data dan penyusunan basis data statistik daerah;

d.     melakukan penyusunan data dan informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah;

e.     melakukan penyajian data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, sebagai bahan penyelenggaraan pemerintahan daerah;

f.      menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan statistik, serta menyajikan alternatif pemecahannya;

g.     mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;

h.    memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

i.      melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;

j.      melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

a.     kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b.     ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan statistik;

c.     kelancaran dan keteraturan pelaksanaan tugas pengelolaan statistik;

d.     ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;

e.     kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;

ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Data dan Statistik.

 

3.    NAMA JABATAN     :         KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN

SUMBERDAYA TIK

 

A.   TUGAS POKOK DAN FUNGSI  :

Kepala Seksi Pengembangan Sumberdaya TIK mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Statistik dan Pengembangan Sumberdaya TIK dalam melakukan penyediaan Sumberdaya Smart City, Pembinaan dan Pengembangan Karir Jabatan Fungsional di Bidang TIK, dan penyediaan bimbingan teknis, pelatihan, sertifikasi dibidang TIK.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Pengembangan Sumberdaya TIK mempunyai fungsi :

a.     penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b.     penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan sumberdaya TIK;

c.     pelaksanaan penyediaan Government CIO, Sumberdaya Smart City, Pembinaan dan Pengembangan Karir Jabatan Fungsional di Bidang TIK, dan penyediaan bimbingan teknis, pelatihan dan sertifikasi dibidang TIK;

d.     pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Pengembangan Sumberdaya TIK.

 

B.   URAIAN TUGAS     :

a.     melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b.     melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan Sumberdaya TIK;

c.     melakukan koordinasi dengan instansi/lembaga terkait dalam rangka pengembangan sumberdaya TIK;

d.     menyediakan layanan implementasi Government CIO dan Smart City Kabupaten Tegal.

e.     melakukan pembinaan dan pengembangan karir dalam hal penilaian dan penetapan angka kredit, serta memberikan rekomendasi hasil penetapan angka kredit Jabatan Fungsional Tertentu dibidang TIK;

f.      menyelenggarakan bimbingan teknis dan pelatihan dibidang TIK.

g.     melaksanakan peningkatan kapasitas dan kompetensi teknis aparatur dibidang TIK.

h.    menyelenggarakan uji kompetensi dan sertifikasi dibidang TIK sesuai standar.

i.      menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan sumberdaya TIK, serta menyajikan alternatif pemecahannya;

j.      mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;

k.     memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

l.      melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;

m.   melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C.   TANGGUNG JAWAB        :

a.     Tersedianya bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan;

b.     Tersedianya bahan penyusunan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional bidang sumberdaya TIK

c.     Terselenggaranya layanan implementasi Government CIO dan Smart City Kabupaten Tegal;

d.     Terselenggaranya pembinaan dan pengembangan karir Jabatan Fungsional Tertentu dibidang TIK;

e.     Terselenggarakannya layanan bimbingan teknis dan pelatihan dibidang TIK;

f.      Terlaksanya peningkatan kapasitas dan kompetensi teknis aparatur dibidang TIK

g.     Terselenggaranya uji kompetensi dan sertifikasi dibidang TIK.

h.    Terlaksananya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi pengembangan sumberdaya TIK;

i.      Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas.

 

4.    NAMA JABATAN     :         KEPALA SEKSI LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK

 

A.   TUGAS POKOK DAN FUNGSI  :

Kepala Seksi Layanan Pengadaan Secara Elektronik mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Statistik dan Pengembangan Sumberdaya TIK dalam melakukan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Layanan Pengadaan Secara Elektronik mempunyai fungsi :

a.     penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b.     penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

c.     penyelenggaraan fasilitasi layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

d.     pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Layanan Pengadaan Secara Elektronik.

 

B.   URAIAN TUGAS     :

a.     melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b.     melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

c.     menyelenggarakan fasilitasi layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

d.     memfasilitasi PA/KPA mengumumkan Rencana Umum Pengadaan;

e.     memfasilitasi ULP/pejabat/kelompok kerja pengadaan  atau denga sebutan lain untuk menayangkan pengumuman pelaksanaan pengadaan;

f.      memfasilitasi ULP/pejabat/kelompok kerja pengadaan atau dengan sebutan lain untuk melaksanakan pemilihan penyedia barang/jasa secara elektronik;

g.     memfasilitasi Penyedia Barang/Jasa dan pihak-pihak yang berkepentingan menjadi pengguna SPSE;

h.    mengelola SPSE dan Infrastruktur penunjangnya;

i.      melaksanakan pelayanan registrasi dan verifikasi Pengguna SPSE;

j.      melaksanakan pelayanan pelatihan dan dukungan teknis pengoperasian SPSE

k.     menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik, serta menyajikan alternatif pemecahannya;

l.      mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;

m.   memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

n.    melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;

o.     melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C.   TANGGUNG JAWAB        :

a.     kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;

b.     ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

c.     kelancaran dan keteraturan pelaksanaan tugas penyelenggaraan layanan pengadaan barang/jasa secara elektronik;

d.     ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;

e.     kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;

j.      ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Layanan Pengadaan Secara Elektronik.

Terkini

Materi Sosialisasi Perbup Masterplan TIK dan Perbup PSO Tata Kelola TIK

18 July 2018

Materi Sosialisasi, Slawi 18 Juli 2018. Download materi : Roadmap (Univ. Gunadarma) PSO Tata Kelola...

Antisipasi Serangan Malware Ransomware Wannacrypt

25 April 2018

APA ITU RANSOMWARE WANNACRYPT ? Ransomware WannaCrypt merupakan perangkat lunak berbahaya yang mengancam komputer anda...

Waspada Serangan Ransomware Petya

25 April 2018

Apa Itu Petya? Ransomware Petya merupakan perangkat lunak berbahaya yang melakukan infeksi otomatis ke perangkat...

Portfolio Gallery Kominfo

DATA CENTER

DATA CENTER

LPSE

LPSE

DATA STATISTIK

DATA STATISTIK

PPID

PPID

Channel Youtube Pemkab Tegal

Channel Youtube Humas Pemkab Tegal

Kontak Kami

DINAS KOMINFO KAB TEGAL
Jl. Dr. Soetomo No. 1 Slawi
Phone. (0283) 4561555
Email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 

© 2018 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal.
Designed by IT Kab Tegal [al]