Diskominfo Gelar Bimtek siMAYA

Print

Slawi - Sebagai upaya untuk memperkenalkan dan menerapkan aplikasi siMAYA di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal, maka digelar kegiatan Bimtek Administrasi Perkantoran Maya (siMAYA), oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab Tegal (1/11).

Pembukaan Bimtek siMAYA dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Gedung Amarta Kabupaten Tegal.  Kegiatan ini, bertujuan agar pelaksanaan penggunaan surat menyurat dan birokrasi di lingkungan Pemkab Tegal dapat berjalan sesuai harapan seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Dalam hal ini, Diskominfo Kab. Tegal sebagai Sektor pelaksana E-government Pemerintah pemkab Tegal merencanakan akan segera mengimplementasikan penggunaan aplikasi SiMaya dalam waktu dekat. Penggunaan siMAYA ini targetnya adalah seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal.” papar Kepala Diskominfo melalui Kabid TI dan Persandian.

Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bupati Fadjar Rokhwidi, SIP yang mewakili Plt. Bupati Tegal dalam membuka acara dan memberikan sambutan. Sedangkan narasumber dalam kegiatan Pembukaan Bimtek siMAYA yaitu Kabid TI dan Persandian Drs. Saeful Mizan, dan Kasi Aplikasi Telematika Eko Yudiantoro, SH, serta diikuti oleh 55 peserta terdiri dari Kepala OPD atau yang mewakilinya.

Narasumber menjelaskan bahwa SiMaya ini merupakan aplikasi e-office yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan telah sesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Tujuan dari penggunaan siMAYA adalah dalam rangka efektifitas dan efisiensi sebagaimana yang digaungkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Program siMAYA diharapkan dapat mengurangi penggunaan kertas dalam surat-menyurat. Program siMAYA ini memiliki kelebihan yaitu mudah digunakan serta dapat diakses dimanapun selama pengguna memiliki kode akses aplikasi dan koneksi internet. Untuk saat ini, versi program siMAYA yang digunakan versi 5 dan akan dikembangkan lebih lanjut oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Direncanakan untuk tahun selanjutnya kementrian juga akan meluncurkan versi android untuk siMAYA sehingga lebih memudahkan untuk penerimaan notifikasinya.

Untuk hari ini (1/11) pembukaan, demo dan pelatihan untuk lingkungan Setda Kabupaten Tegal. Sedangkan untuk OPD lain dijadwalkan tanggal 5 – 22 November 2018 di dua tempat yaitu Ruang Rapat Diskominfo dan Ruang Rapat Bagian Layanan Pengadaan.  (Pbs)