Alun-Alun Hanggawana Slawi
Kantor Bupati Tegal
Dinas KOMINFO Kabupaten Tegal
Dinas KOMINFO Kabupaten Tegal

Bangun Smart City, Pemkab Tegal Jalin MoU Dengan Pemkot Semarang

Slawi - Untuk mewujudkan smart city atau kota cerdas, Pemerintah Kabupaten Tegal menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang, Selasa (4/12/18) pagi.

Seperti yang kita ketahui bersama, Pemkot Semarang telah berhasil mengelola Aplikasi Smart City  guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakatnya.

Sejalan dengan visi-misi kepemimpinan Umi-Ardie bahwa Kabupaten Tegal di tahun 2019 - 2024, akan berkomitmen mengedepankan penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi demi menopang tugas-tugas di Pemkab Tegal.

"Menuju Smart City tentu bukanlah hal mudah. Harus didukung smart people dan smart government untuk menciptakan smart living, yang mendatangkan keberkahan juga gawe bungah," ujar Bupati Tegal, Umi Azizah.

Umi menyadari, di era disrupsi telah membawa pengaruh pada mindset, culture set, serta perilaku masyarakat. Terutama generasi milenial yang needs and behaviour-nya distinct. "Ini terlihat begitu jelas dan nyaring karena ketergantungannya pada teknologi dan penggunaan medsos. Mau tidak mau, public service-nya pun harus segera menyesuaikan," pungkasnya.

Tak lupa, Umi juga terus mengingatkan, untuk mewujudkan kota yang pintar harus dilandasi keseriusan dari seluruh pihak terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tegal.

"Di setiap acara saya selalu menyampaikan kepada ASN di Pemkab Tegal, bahwa zaman sudah berubah. Infrastruktur TI harus dibenahi untuk membangun sistem kerja lebih efisien dan efektif," jelas Umi.

Terkait kemajuan teknologi, Umi menyampaikan bahwa Kabupaten Tegal secara bertahap telah meluncurkan Aplikasi Lapor Bupati Tegal berbasis Android. Sebagai media pengelolaan pengaduan masyarakat dan informasi pembangunan, selain itu juga ada e-PBB, e-survey dan SIMAS.

Harapan Umi, setelah menjalin kerjasama dengan Pemkot Semarang, diharapkan dapat mendorong pengembangan Smart City sekaligus pengembangan TIK bisa berjalan lebih progresif, responsif dan adaptif.

Penandatanganan kerja sama tersebut tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) oleh Bupati Tegal, Umi Azizah dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi di Ruang Rapat Bupati Tegal.

Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi ini mengatakan, sudah saatnya masing-masing daerah berkolaborasi, demi mewujudkan smart city, bukan saatnya untuk saling berkompetisi. "Saya yakin dengan tekad semangat yang kuat, bisa mewujudkan Kabupaten Tegal menjadi smart city. Jateng tambah Gayeng dan Indonesia semakin hebat," paparnya.  [Oka]

Terkini

Download Tools Indeks Keamanan Informasi

25 July 2019

Tools Indeks Keamanan Informasi (Indeks KAMI)

Materi Sosialisasi Perbup Masterplan TIK dan Perbup PSO Tata Kelola TIK

18 July 2018

Materi Sosialisasi, Slawi 18 Juli 2018. Download materi : Roadmap (Univ. Gunadarma) PSO Tata Kelola...

Antisipasi Serangan Malware Ransomware Wannacrypt

25 April 2018

APA ITU RANSOMWARE WANNACRYPT ? Ransomware WannaCrypt merupakan perangkat lunak berbahaya yang mengancam komputer anda...

Waspada Serangan Ransomware Petya

25 April 2018

Apa Itu Petya? Ransomware Petya merupakan perangkat lunak berbahaya yang melakukan infeksi otomatis ke perangkat...

Portfolio Gallery Kominfo

DATA CENTER

DATA CENTER

LPSE

LPSE

DATA STATISTIK

DATA STATISTIK

PPID

PPID

Channel Youtube Pemkab Tegal

Channel Youtube Humas Pemkab Tegal

Kontak Kami

DINAS KOMINFO KAB TEGAL
Jl. Dr. Soetomo No. 1 Slawi
Phone. (0283) 4561555
Email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 

© 2018 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal.
Designed by [al]